Tips cepat menambah ribuat subscriber

Blog ini tidak saya urus lagi sejak Mei 2014, untuk melihat tulisan baru saya, silahkan buka JakaZulham.com.


Bagaimana cara memperoleh seribu pelanggan? Pertanyaan ini sering muncul di benak saya. Beruntung saya memperoleh beberapa tipsnya dari Gus Adit, pemilik Dunia Komputer, yang sampai saat ini memiliki pelanggan lebih dari seribu.
Tips-tips tersebut bisa Anda simak dari hasil wawancara di bawah ini.

1. Apa makna seribu pelanggan RSS bagi Anda?
Bagi saya pencapain ini merupakan sebuah kepuasaan tersendiri. Blog yang telah bangun selama 2 tahun ini akhirnya bisa mencapai pelanggan lebih dari seribu. Mungkin hal ini menandakan bahwa artikel-artikel yang saya posting cukup diminati oleh beberapa orang. Walaupun pada awalnya saya tidak mempunyai target pelanggan sebanyak itu.
2. Apakah jumlah postingan (misalnya sehari lebih dari satu buah) berpengaruh terhadap peningkatan pelanggan RSS?
Untuk kasus pada blog saya, sepertinya tidak terlalu berpengaruh. Sebab, saya jarang memposting artikel lebih dari satu buah per harinya. Frekuesi update pun termasuk jarang. Terutama akhir-akhir ini saya termasuk sangat jarang update disebabkan kesibukan offline.
3. Apakah posisi form berlangganan berpengaruh terhadap penigkatan pelanggan RSS?
Saya rasa posisi form berlangganan berpengaruh. Ketika saya memasang form berlangganan dibawah setiap artikel, jumlah pelanggan RSS mulai naik. Lain halnya dengan ketika saya hanya menempatkan form berlangganan di sidebar saja.
4. Apakah Anda melakukan promosi (misalnya via guest post, twitter, facebook, dsb) sehingga pelanggan RSS meningkat?
Ada beberapa promosi yang saya lakukan yaitu mulai facebook dengan membuat Fan Page Dunia Komputer dan melalui Twitter Dunia Komputer. Dengan kedua promosi tersebut orang akan berkunjung ke blog dan kemungkinan akan berlangganan RSS.
5. Apakah Anda memberikan insentif (misalnya eBook gratis) dalam meningkatkan jumlah pelanggan?
Kalau insentif berupa eBook belum pernah. Namun, saya menggunakan trik berupa giveaway beberapa software berbayar dengan waktu terbatas (limited time offer). Misalnya 1 hari, 3 hari atau seminggu. Dengan waktu yang terbatas tersebut, pembaca tidak akan mau ketinggalan, sehingga mereka kemungkinan besar akan belangganan agar bisa mengetahui dengan cepat apabila saya memposting tentang giveaway lagi.
6. Berapa % jumlah pelanggan yang berlangganan via email?
Jumlah pelanggan melalui email tepatnya adalah 1.688. Namun yang terverifikasi (aktif) hanya 1.031 dari 1.149 pelanggan. Jadi prosentase jumlah pelanggan melalui email sekitar 90%.
7. Banyak blogger yang ingin memiliki pelanggan lebih dari seribu. Bisa berikan trik-trik yang Anda lakukan sehingga bisa mendapatkan seribu pelanggan?
Ada beberapa trik yang saya lakukan untuk menambah jumlah pelanggan seperti yang saya sebutkan pada poin ke 3, 4 dan 5, yaitu:
  • Menambahkan form berlangganan di bawah setiap artikel
  • Memanfaatkan social network yang banyak digunakan seperti Facebook untuk membuat sebuah page dan sebuah akun twitter (setiap posting baru selalu saya post ke Facebook dan Twitter) untuk mempromosikan blog
  • Memberikan info mengenai giveaway software berbayar dengan waktu terbatas
  • Selalu berusaha memposting artikel yang unik dan menarik.

0 Response to "Tips cepat menambah ribuat subscriber"

Post a Comment

Masukkan komentar Anda dan tekan "Subscribe by Email" untuk melihat balasan komentar