Membuat Animasi Sederhana Dengan 3DS MAX

Blog ini tidak saya urus lagi sejak Mei 2014, untuk melihat tulisan baru saya, silahkan buka JakaZulham.com.

3DMAX
Seperti yang telah saya posting pada postingan sebelumnya yakni, Apa itu 3D Studio Max? selain dapat membuat image atau gambar dengan 3 Dimensi, 3D max juga bisa digunakan untuk membuat animasi layaknya pada program flash. Jika biasanya saya membuat tutorial photoshop, kali ini mari kita coba dengan program yang sangat menakjubkan ini, 3D Studio Max yang baru saja saya kenal beberapa waktu yang lalu



Langkah 1
Buka program 3D Max anda, saat ini saya masih memakai 3DS Max versi 6, tampilan jadulnya dapat anda lihat seperti gambar di bawah3DS MAX

Langkah 2
Buat sebuah objek untuk dijadikan animasi, di sini saya membuat sebuah gambar Sphere pada Viewport Perspective.viewport perspective

Langkah 3
Tekan Auto Key pada Animation Control untuk memulai membuat animasi.auto key

Langkah 4
Hampir sama seperti Adobe/Macromedia Flash, pindahkan timeline ke titik tertentu untuk membuat animasi, perhatikan timeline tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh untuk mengontrol kecepatan animasi. Berikut ini saya menggeser timeline ke arah 25, lihat gambarTime Line

Langkah 5
Setelah menggeser timeline, Pindahkan gambar ke daerah atau bagian lain sesuai bentuk yang ingin dijadikan sebagai animasi.membuat animasi sederhana 3D MAX

Langkah 6
Lakukan kembali langkah-langkah 5 dan 6 untuk membuat animasi yang bergerak-bergerak-dan bergerak. Jika sudah selesai, klik kembali tombol Auto Key untuk mematikan fungsi animasi.auto key 2

Langkah 7
Klik tombol play untuk memainkan animasi anda.tombol play

Berikut contoh videonya









Semoga bermanfaat, kritik, saran dan pertanyaan silahkan diisi pada kotak komentar!



jangan lupa juga lihat cara rendering (Mengubah format file 3ds max ke Video).

9 Responses to "Membuat Animasi Sederhana Dengan 3DS MAX"

  1. Mantab, Gan. Yang otodidak bisa mulai dari sini

    ReplyDelete
  2. Nice info gan,,d

    yg mau blajar 3ds max silahkan mampir ke blog ane
    http://jurusan-multimedia.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Ada kursus animasi 3D yang kredible, kelas maksimal 2 orang, dan guru berpengalaman. Silakan cek di www.veegraphworkshop.com

    ReplyDelete
  4. makasih kak ilmunya ... aku izin repost .. ke blog aku yaaaaa... :))))

    ReplyDelete
  5. Makasi mas tutorialnya, saya coba dulu ya..ane langsung ke tkp ni..

    ditunggu tutorial yang berikutnya...

    ReplyDelete
  6. kok singkat banet ya ?

    ReplyDelete
  7. top animasinya gan, ada contoh yang lainnya gan

    ReplyDelete
  8. Permisi Admin saya punya cdnya kok susah banget ya admin belajarnya apa ada buku khusus yang dijual untuk belajar terima kasih admin salam sukses dari pusat pembuatan plakat resin di pasar minggu

    ReplyDelete

Masukkan komentar Anda dan tekan "Subscribe by Email" untuk melihat balasan komentar