Desain Web Harus Bisa Coding?

Blog ini tidak saya urus lagi sejak Mei 2014, untuk melihat tulisan baru saya, silahkan buka JakaZulham.com.


Mari kita berdiskusi tentang hal ini, tapi sebelumnya saya mau menyampaikan pendapat tentang “Apakah desainer web harus bisa coding?” 

Harus Bisa!
Apakah desainer web harus bisa coding? Tidak selalu! Tetapi harus ‘mengerti’ bagaimana website itu nanti akan di coding. Yang artinya, semua elemen desain yang kita buat di Photoshop harus code-able.



Saya mengakui, saya tidak merasa nyaman melakukan coding sendiri. Jangan salah, bukan karena saya malas, saya pernah mencobanya dan bahkan beberapa hari yang lalu sempat belajar css basic, HTML, XHTML, Java Script.

Namun saya masih merasa kesulitan mengulang pelajaran video tutorial itu dari awal (jika tidak melihat contoh/videonya), mungkin itu karena keterbatasan saya? (sering lupa code yang sudah di pakai). Yang terpenting adalah sekarang saya ‘mengerti’ cara meng-coding sebuah website dan hal ini tentu saja akan menambah dasar pemikiran saya pada saat mendesain website di Photoshop.

Pertimbangkan Kemauan, Waktu, Dan Kesempatan!
Kenapa saya tidak meng-coding website (personal dan komersial) saya sendiri?

Pertama, karena saya merasa kemampuan saya bukan di coding, dan lebih banyak teman yang sangat berkompetensi sekali dalam hal coding, yang bisa di ajak berkerjasama dalam suatu projek website.

Kedua, waktu yang di perlukan untuk coding cukup lama, jadi saya lebih baik melimpahkan bagian code ke seseorang yang bisa di percaya, dan saya bisa melanjutkan ke projek lainnya (yang artinya perputaran projek akan lebih menguntungkan dan sistem kerja menjadi lebih efisien dan efektif).

Ketiga, belum banyak web desainer yang mengkhususkan diri pada bagian interface dan pengaturan alur informasi pada website. Hal tersebut sedikit sekali berhubungan dengan coding, ini merupakan konsep awal sebuah website. Dan menurut saya bagian ini sama pentingnya dengan code. Percuma website berfitur canggih, efek jquery mencengangkan, tetapi desainnya sungguh menyakitkan hati.

Finally
Sebagai kesimpulan, seorang desainer web harus ‘mengerti’ coding tetapi tidak harus ‘bisa’ meng-coding. Tentu saja akan lebih bagus jika ‘bisa mengerjakan’ code desainnya sendiri. Dan yang terpenting kita harus menyadari kemampuan kita yang sebenarnya berada di bagian mana.

Seperti yang kita tahu, website jaman sekarang sudah melibatkan banyak elemen, mulai dari interface (desain), code, copywriting, SEO bahkan sampai ke teknik marketing online.

Apakah menurut anda satu orang bisa memberikan semua itu?. Website bukan sekedar PSD to CSS/Html, website lebih dari itu.


Semoga bermanfaat
Sumber : http://jurusgrafis.com

2 Responses to "Desain Web Harus Bisa Coding?"

  1. oke dah,,
    kalo mau belajar desain web, kita harus bisa mengerti bahasa web..
    dan bukan hanya coding, tapi juga kemampuan dalam membuat desain grafis.. seperti dengan photoshop.. :)

    ReplyDelete
  2. Wihh manteb gan info nya, makasih gan
    website nya rapih
    kunjung balik gan, banyak artikel tentang kesehatan dan pengobatan penyakit
    Golden Gamat

    ReplyDelete

Masukkan komentar Anda dan tekan "Subscribe by Email" untuk melihat balasan komentar