Membuat Awan Dengan Photoshop

Blog ini tidak saya urus lagi sejak Mei 2014, untuk melihat tulisan baru saya, silahkan buka JakaZulham.com.

Pada postingan tutorial kali ini, kita akan membuat awan secara manual dengan photoshop. Tutorial Membuat awan dengan photoshop berikut ini diharapkan bisa anda gunakan sebagai stock Pattern, background desktop atau bahkan sebagai background website anda.

Sebetulnya sudah lama saya ingin memposting artikel ini dan beberapa artikel menarik lainnya, artikel ini sendiri saya buat pertengahan bulan Ramadhan dan sekarang mulai ngepostnya :). bukannya malas, tapi karena masalah koneksi yang kurang mendukung. Langsung saya eh saja



Langkah 1, Membuat Document kerja :
Buat sebuah document baru dengan cara klik File > New (Ctrl+N). Pada tutorial ini saya buat dengan ukuran 800 x 600 px, resolution 72.

Langkah 2, Mewarnai lembar kerja.
Dengan Gradient tool, isi kanvas kerja anda dengan warna gradasi (gradient) seperti berikut

Langkah 3, Clouds :
Buat layer baru (Ctrl+Shift+Alt+N) dan fill dengan warna apa saja, misalnya putih, Selanjutnya kemenu Filter > Render > Clounds

Langkah 4, Difference Clouds :
Kemenu Filter sekali lagi, Filter > Render > Difference Clouds.

Langkah 5, Mengubah mode layer :
Ubah blending mode layer 1 (layer yang diberi effek clouds) menjadi Screen.

Langkah 6, memperdalam warna :
Selanjutnya, perdalam warna awannya dengan cara klik Image > Adjustment > Levels. tarik point point level kira-kira seperti gambar dibawah ini

Final Image

Demikian tutorial singkat pada postingan kali ini, semoga bermanfaat :)

Suka dengan tutorial ini? tekan tombol tweet diatas untuk berbagi!

11 Responses to "Membuat Awan Dengan Photoshop"

  1. Kenapa tidak nyoba brush awan? http://javierzhx.deviantart.com/art/Cloud-Brushes-34277964

    Ini tutorial video pembuatan awan http://www.youtube.com/watch?v=466lBz0KadI. Mungkin berguna juga untuk referensi.

    ReplyDelete
  2. tutorial ini hanya berisikan sedikit pengetahuan saya, saya kira cukup baik untuk sekedar background image, untuk brush nya sendiri saya juga aplikasikan pada image pembuka diatas.

    thank's untuk videonya,

    ReplyDelete
  3. keren.

    ehm, apakah penggunaan photoshop juga sama dengan gimp?

    ReplyDelete
  4. Photoshop dengan Gimp menurut saya berbeda, walaupun saya bukan seorang pemakai aplikasi Gimp, tapi untuk effek efek menajubkan, triks yang bisa dikembangkan di photoshop menurut saya jauh lebih unggul.

    ReplyDelete
  5. Image pembuka (hasil akhir)nya beda sama yang jadi di bawah. Itu apa bukannya namanya menipu? Mana boleh tutorial memberikan harapan palsu seperti itu.

    ReplyDelete
  6. Image pembuka diatas saya tambah dengan sedikit brush, maaf jika saya tidak sertakan tutorial brush pada tutorial ini..

    seperti komentar mas jeprie, download aja brush photoshopnya disini
    http://javierzhx.deviantart.com/art/Cloud-Brushes-34277964

    ReplyDelete
  7. Gradient Tool dumana sih?? yang jelas dong

    ReplyDelete
  8. Gradient tool bisa anda lihat di Toolbox photoshop, dia berada bersama dengan Paint bucket tool.

    ReplyDelete
  9. LOL
    gambar yg di atas beda banget yg hasil jadinya azzzzzzz

    ReplyDelete

Masukkan komentar Anda dan tekan "Subscribe by Email" untuk melihat balasan komentar