Berkomentar? Atau tidak berkomentar?

Blog ini tidak saya urus lagi sejak Mei 2014, untuk melihat tulisan baru saya, silahkan buka JakaZulham.com.

Komentar Komentar umumnya merupakan pernyataan lisan atau tertulis sering berkaitan dengan sebuah informasi, atau pengamatan atau pernyataan (Wikipedia). Sedangkan komentar dalam blog (menurut saya) merupakan kalimat tertulis untuk memberikan pendapat, masukan, dan/atau kritik terhadap suatu tema posting yang diterbitkan oleh penulis posting dalam form komentar. Bagi saya sendiri, komentar adalah berupa masukan-masukan yang harus diterima bagi admin blog, baik positif, negatif, dan netral tanpa manfaat. Semua itu, dibutuhkan oleh admin blog untuk mempermaju wawasan dan kualitas setiap postingan tentunya.

Apa yang biasa dibicarakan dalam komentar?

Setidak - tidaknya sebuah komentar seharusnya memberikan nilai tambah terhadap suatu tema yang dibicarakan & bagi pembaca lainnya, visitor lain.
“I was very encourage to find this site. I wanted you for this special read. I definitely savored every little bit of it and i have you bookmarked to check out new stuff you post. Don't forget to visit site on the new topic”
(link1 | link2 | link3,…).
“Nice post.”
“Saya tertarik sekali dengan tema posting Anda. Tidak jarang narablog memberikan komentar yang hanya…(dan seterusnya).”
(link blog/posting komentator)
“Saya tidak setuju dengan pendapat Anda yang menyatakan bahwa…(dan seterusnya). Menurut saya…(dan seterusnya).”
“Saya tertarik sekali dengan tema posting Anda. Tidak jarang narablog memberikan komentar yang hanya…(dan seterusnya). Namun sepengetahuan saya, tema ini bertolak - belakang dengan artikel yang terdapat dalam blog (link artikel)…”
Mungkin seperti di atas itulah — atau sejenisnya — yang biasa ditulis oleh komentator dalam suatu blog.
  • Merah terdeteksi komentar spam.
  • Biru terdeteksi komentar ½ spam, tapi tetap masih ada spam - nya. :)
  • Hijau terdeteksi komentar blog yang sebenarnya.

No Comment

Lebih baik kita menjadi pembaca yang baik daripada mengisi form komentar dengan sesuatu yang tidak berguna & membuang-buang waktu percuma.
Menurut Anda…?

0 Response to "Berkomentar? Atau tidak berkomentar?"

Post a Comment

Masukkan komentar Anda dan tekan "Subscribe by Email" untuk melihat balasan komentar