LCD Axioo mati, Tapi power hidup?

Blog ini tidak saya urus lagi sejak Mei 2014, untuk melihat tulisan baru saya, silahkan buka JakaZulham.com.


Beberapa saat yang lalu, setelah saya install ulang laptop axioo kesayangan saya, ada hal aneh sebelumnya terjadi yang sangat membingungkan dan menggundahkan hati saya. Pasalnya, tidak lebih dari 30 menit setelah laptop hidup, tiba-tiba layar mati, gelap sedangkan tombol powernya masih hidup normal. Setelah keliling tujuh keliling untuk melihat postingan blog-blog yang tertera diurutan list mbah google, Alhamdulillah saya dapat postingan menarik yang membahas hal ini, dan ini sangat menguntungkan dari pada kita harus membawa ke tukang service apalagi untuk anak kost-kosan seperti saya ini, pasti akan memeriksa jumlah debet jika harus berurusan dengan tukang service komputer.

Apa yang bisa kita lakukan jika LCD laptop tiba-tiba mati?


1. pertama janganlah panik? Loh apa hubungannya kang jaka dengan panik? apa panik bisa memperbaiki LCD? haha, tentu saja tidak. Tapi, percaya atau tidak panik bisa menyebabkan kita stres dengan hal ini. Jadi keep enjoy dan tanyalah mbah google untuk langkah awal sebelum membawa ke bengkel service.

2. Nah, Coba lakukan pematian power secara paksa, yakni lakukan tekan tombol power tahan sampai laptop anda mati. Selanjutnya nyalakan lagi, jika sudah menyala maka anda hanya diharuskan setting power managemen pada Laptop anda.

3. Matikan laptop anda seperti pada perintah diatas, nyalakan lagi dan jika tetap tidak nyala, dan lampu indikator proses dan HDD tidak berkedip, coba lakukan pemeriksaan pada RAM anda. Mugkin ada masalah atau rusak, tidak perlu mambeli terlebih dahulu, coba pinjem ke temen anda RAM laptopnya, jika sudah nyala baru beli, kan sudah pasti RAM yang rusak. Namun jika anda melakukan pemeriksaan tersebut masih tetap tidak nyala, kemungkinan Motherboardnya yang rusak.



4. Matikan Laptop anda seperti pada Cara diatas, kemudian nyalakan lagi. Jika tetap tidak nyala, namun indikator lampu proses, dan HDD nyala dan kipas pada Motherboard tetep nyala, berarti anda harus melakukan pemeriksaan pada Kabel Fleksibel pada Laptop anda, untuk pemeriksaan ini anda diharuskan membongkar penuh laptop anda, sehingga anda dapat mengganti kabel fleksibelnya, terkadang hanya dengan melakukan pelepasan trus dipasangkan kembali langsung akan ada perubahan.

Demikianlah sedikit ilmu yang saya sharing berdasarkan pengalaman dan beberapa pertanyaan dari mas google. Jika ada tambahan dan pertanyaan sebagainya silahkan isi dikotak komentar.

35 Responses to "LCD Axioo mati, Tapi power hidup?"

  1. wow, nice artikel....
    blonya sudah saya folow mohon untuk di folow back tks....

    ReplyDelete
  2. Sob banner sudah dipasang... Mohon banner balik y sob.. :D

    image source:

    http://lh6.googleusercontent.com/_Vo7inC2tepA/TZhFhvUDI5I/AAAAAAAAAB0/bpr_oX_U03w/banner%20125.png

    links ; www.allrights.tk

    ReplyDelete
  3. Kalau laptop wearnes saya itu setelah di reboot nyala normal tapi setelah agak lama kumat kaya gitu lagi gimana caranya?

    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  4. Kalau laptop wearnes saya itu setelah di reboot nyala normal tapi setelah agak lama kumat kaya gitu lagi gimana caranya?

    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  5. thanks ya, sudah berhasil

    ReplyDelete
  6. gan mau tanyak,,, laptop axioo neon ni punya sy susah nyala layarnya padahal power dan sebagainya normal,, kalo baru di hidupkan harus tekan2 keyboard dulu baru dia bisa nyala layarnya... kira2 penyebabnya apa ya gan?? mohon pencerahan

    ReplyDelete
  7. Gan mau nanya , laptop axio layar nya mati ,power on off nya nyala cuman layar mati ? Gmna cara nya buat perbaikin layar yg mati ? Cara nya ada dmna ?

    ReplyDelete
  8. Jaka mau nanya kok laptop Axioo saya layarnya mati tapi tombol powernya nyala ane ikutin cara Abang tapi ngga bisa mohon solusinya jaka.WA:089603060889

    ReplyDelete
  9. Laptop axioo saya juga gini, monitor mati, tapi lampu indikator nyala, setelah d paksa matikan, berulang2 baru dia nyala, gmna ya

    ReplyDelete
  10. Laptop axioo saya juga gini, monitor mati, tapi lampu indikator nyala, setelah d paksa matikan, berulang2 baru dia nyala, gmna ya

    ReplyDelete
  11. Gini sob.. laptop saya cuma lampu indikatornya yang menyala tapi kipas dan harddisknya tidak mau juga bergerak.... saya sudah bongkar dan pasang ulang yang ada hanya panas pada papan motherboard...
    Kira2 apanya ya..???

    ReplyDelete
  12. Laptop saya gak mau nyala, pas di tekan lama tombol powernya malah lampu batrai yg berkedip dan laptop tetep tdak mau hidup. Padahal sebelum itu tidak ada keluhan. Kira2 kenapa ya gan ?

    ReplyDelete
  13. harus di bongkar habis kah?

    ReplyDelete

Masukkan komentar Anda dan tekan "Subscribe by Email" untuk melihat balasan komentar